squid penyimpan cahce bandwith

Jaringan internet anda lambat? mungkin squid proxy bisa membantu. Squid adalah proxy caching untuk Web yang mendukung HTTP, HTTPS, FTP dan banyak lagi. keuntungan yang berbeda nya adalah caching halaman yang sering diminta untuk mempercepat waktu buka halaman web dan juga mengurangi bandwidth dengan tidak harus kembali meminta halaman yang sama berulang-ulang. Hal ini juga dapat digunakan sebagai proxy reverse untuk mempercepat server Web dengan melayani Facebook konten di-cache daripada mengizinkan hits kontinyu ke server Web untuk konten yang identik untuk banyak klien.

Ada banyak vendor open sourcer yang menyediakan dilingkungan linux maupun freebsd.
Di linux ada ClarkConnect, Centos, ClearOs dst. sedang di freebsd ada PfSense, M0n0Wall.
Yang harus Anda lakukan adalah mengedit / etc / squid / squid.conf dan mencari "LAN" entri, untuk komentar dari orang-jaringan yang tidak pada jaringan lokal Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan jaringan di rumah 192.168.0.x komentar dan 172.16.0.0 10.0.0.0 baris:

# Acl LAN src 10.0.0.0 / 8 # RFC1918 jaringan internal mungkin
# Acl LAN src 172.16.0.0/12 # RFC1918 jaringan internal mungkin
acl LAN src 192.168.0.0/16 # RFC1918 jaringan internal mungkin

Selanjutnya, memulai layanan Squid. Jika Anda memiliki firewall diaktifkan di sistem, pastikan untuk memungkinkan akses ke port TCP 3128.

Pada titik ini, Anda dapat menguji dengan menggunakan browser baris perintah pada sistem lokal dengan melakukan:

$ Http_proxy = "http://localhost:3128" elinks http://foo.com/

Dan kemudian melihat di / var / log / squid / file access.log. Jika browser tidak mengeluh tentang tidak bisa terhubung, dan file log menunjukkan aktivitas, maka Anda telah berhasil mensetup Squid. Log akan terlihat seperti ini:

1281203766.589 2626:: 1 TCP_MISS/200 18137 GET http://foo.com/ - DIRECT/1.1.1.1 text / html
1281203767.186 595:: 1 TCP_MISS/200 4867 GET http://foo.com/skins/common/ commonPrint.css? - DIRECT/1.1.1.1 text / css

Jika Anda jalankan perintah browser yang sama lagi, Anda akan melihat:

1281204000.528 313:: 1 TCP_MISS/200 18137 GET http://foo.com/ - DIRECT/1.1.1.1 text / html
1281204000.591 60:: 1 TCP_REFRESH_UNMODIFIED/200 4873 GET http://foo.com/skins/common/ commonPrint.css? - DIRECT/1.1.1.1 text / css

Ini menunjukkan Anda cache di tempat kerja. Halaman awal load lagi, tapi file CSS dikirim ke browser yang meminta menggunakan salinan cache. Langkah berikutnya adalah mencoba yang sama dari sistem lain yang juga akan menggunakan cache (Anda dapat dengan mudah menggunakan baris perintah perintah browser yang sama jika tersedia).

Jika Anda ingin memiliki setup proxy transparan, sehingga tak seorang pun akan tahu proxy sedang digunakan dan tidak bisa mengelak, Anda dengan mudah dapat melakukannya dengan menyesuaikan aturan iptables. Jika sistem firewall anda menjalankan Linux, hal ini mudah dilakukan. Catatan bahwa jika Anda menggunakan proxy transparan, Anda tidak dapat menggunakan otentikasi pada proxy. Jika hal ini tidak penting bagi Anda, pengaturan proxy transparan adalah cara yang cepat dan mudah untuk memaksa semua orang di jaringan untuk menggunakannya.

Di / etc / squid.conf squid / Anda ingin menghapus tanda komentar pada "cache_dir" direktif:

# Uncomment dan menyesuaikan berikut untuk menambah direktori cache disk.
cache_dir ufs / var / spool / squid 7000 16 256

dan perubahan

http_port 3128

untuk

http_port 3128 transparent

Setelah perubahan ini telah dibuat dan telah squid restart, Anda juga perlu mengubah aturan-aturan firewall untuk itu jaringan firewall Anda atau sistem gateway dengan mengalihkan semua lalu lintas HTTP output ke proxy. Hal ini bisa rumit, tergantung pada apakah atau tidak menginstal Squid Anda adalah pada sistem firewall atau jika sistem terpisah dalam jaringan lokal. Hal ini juga tergantung pada's firewall perangkat lunak Anda. The wiki squid memiliki bagian Interception (transparan proxy yaitu) dan bagaimana mengaturnya dengan perangkat Cisco, Linux, FreeBSD, dan OpenBSD.

Itu halaman wiki yang sama juga memiliki konfigurasi contoh lainnya. Squid dapat digunakan untuk lebih dari sekedar cache halaman Web, dan ada contoh ada tentang bagaimana menggunakannya untuk pesan Instan penyaringan, menggunakannya sebagai proxy reverse untuk permintaan halaman web cache pada server Web, bagaimana mengaturnya dengan berbagai bentuk otentikasi, dll

Squid sangat fleksibel dan dapat melakukan cukup banyak. Untuk organisasi besar, Squid menawarkan cara mengherankan mudah untuk menghemat bandwidth, serta memberikan cara mudah untuk memaksa otentikasi yang diperlukan dalam rangka untuk mendapatkan akses keluar untuk lalu lintas. Untuk caching Web sederhana, squid cukup banyak siap untuk dijalankan seperti apa adanya, dan wiki ini menawarkan banyak contoh dan membantu jika Anda perlu mempertimbangkan sesuatu yang sedikit lebih kompleks.

Vincent Danen bekerja pada Red Hat Security Response Team dan tinggal di Kanada. Dia telah menulis tentang dan mengembangkan pada Linux selama lebih dari 10 tahun.

Artikel Terkait

squid penyimpan cahce bandwith
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email